Sabtu, 20 Oktober 2018

Fakta Unik Masjid Terbesar di Dunia

Fakta Unik Masjid Terbesar di Dunia
Fakta Unik Masjid Terbesar di Dunia

Warna Flora
- Fakta unik masjid terbesar di dunia yang akan kami bahas pada saat ini. Masjid ialah tempat suci buat umat Islam. Bangunan ini jadi tempat melaksanakan ibadah dan rumah buat semua muslim yang ingin berkomunikasi dengan Khaliknya dengan privat ataupun berjamaah. Diluar itu, masjid jadi representasi arsitektur yang mengenai Islam serta Muslim. Masjid yang megah dapat diketemukan di semua dunia bersamaan dengan riwayat perubahan Islam. Ada sangat banyak masjid megah yang dibangun di banyak negara. Masjid-masjid ini tampak mengagumkan di luar serta memikat dari dalam, membuat beribadah akan lebih khusyuk. 

Keunikan Masjid Terbesar di Dunia


Nah, diambil dari beberapa sumber jadi berikut beberapa Fakta Unik Masjid Terbesar di Dunia. Baca deh, siapa tahu satu kali kelak kalian dapat bertandang ke sana! 

Masjidil Haram, Mekkah 


Masjidil Haram
Masjidil Haram

Masjid Al Haram (Masjidil Haram) ialah salah satu masjid terbesar di dunia serta termegah yang sangat populer dalam dunia serta terdapat di kota Mekkah, Arab Saudi. Masjid Al Haram melingkari salah satunya situs suci Islam yakni Ka'bah. Masjid Al Haram mempunyai ruang seluas 400.800 mtr. persegi serta bisa menyimpan sampai 4 juta orang saat periode haji. Masjid Al Haram jadi tempat beribadah yang belum pernah sepi saat 24 jam, sebab Masjid Al Haram tetap dipenuhi umat Islam yang lakukan beribadah didalamnya, baik itu shalat atau tawaf. Masjid ini pula mempunyai kekhasan bila dibanding dengan masjid-masjid yang lain yakni tidak dipisahkannya pada jamaah pria serta wanita dalam melaksanakan ibadah di Al-Masjid Al-Haram ini. 

Masjid Sheikh Zayed Grand, Abu Dhabi 

Masjid Sheikh Zayed Grand
Masjid Sheikh Zayed Grand

Sheikh Zayed Grand Mosque jadi masjid yang sangat populer di Uni Emirat Arab persisnya di kota Abu Dhabi sebab keindahan serta kemegahannya. Sheikh Zayed Grand Mosque dibuat pada tahun 1966-2007 dengan luas ruang keseluruhan 12 hektar serta dapat menyimpan lebih dari 40.000 jemaah. Bentuk arstektur dari Sheikh Zayed Grand Mosque mempunyai style bangunan Arab, Persia, Mughal, serta Maroko dengan warna putih serta keemasan pada bangunan yang menguasai. Interior pada Sheikh Zayed Grand Mosque dipenuhi hiasan yang begitu mendalam baik pada dinding ataupun pada lantai masjid. 

Masjid Dome Of The Rock, Yerussalem 

Masjid Dome Of The Rock
Masjid Dome Of The Rock

Masjid terbesar di dunia yang megah, Dome Of The Rock ( Kubah Batu ) yang terdapat di kompleks Al-Haram Asy-Syarif seringkali dikatakan sebagai Masjid Al-Aqsa. Walau sebenarnya kedua-duanya ialah bangunan berlainan. Masjid Dome Of The Rock (Kubah Batu) dibuat pada saat Umayyah, seputar tahun 691 serta 715 Masehi. Interior serta exterior pada masjid Dome Of The Rock (Kubah Batu) dihiasi marmer, mosaik, serta plakat logam ikut kaligrafi di selama sisinya. Pada saat kepemimpinan Ottoman kubah masjid Dome of The Rock dilapis emas dan langit-langit sisi delapan tertutupi ukiran kayu Ottoman. Bentuk kubah yang menarik jadikan masjid Dome of The Rock menjadi pelopor pemakaian kubah berupa 1/2 bola. Diluar itu, Masjid Dome of The Rock jadi salah satunya bangunan dengan kubah termegah dalam dunia. 

Hassan II Mosque, Maroko 

Hassan II Mosque
Hassan II Mosque

Masjid Hassan II ialah masjid terbesar di dunia termegah serta paling besar ke 7 di Dunia dna terdapat di Casablanca, Maroko. Masjid ini berdiri dalam suatu tanjung yang ke arah Samudra Atlantik serta berlantai kaca di aula gedungnya hingga basic laut dapat tampak jernih. Masjid Hassan II dapat menyimpan 105.000 jamaah untuk melaksanakan ibadah, yang dibagi jadi 25.000 di ruangan masjid serta 80.000 yang lain di luar masjid. Menara masjid Maroko sukses jadi menara paling tinggi dalam dunia sebab ketinggiannya yang sampai 210 mtr. dalam 60 lantai serta ada laser atau sinar yang diarahkah ke Mekkah. 

Qolsharif Mosque, Rusia 

Qolsharif Mosque
Qolsharif Mosque

Masjid Qolsharif ialah salah satunya masjid paling besar di Rusia. Dengan keunikan kubah berwarna biru, Masjid Qolsharif dapat menyimpan sampai 6000 jamaah. Masjid ini mempunyai dua bangunan besar, bangunan pertama dengan satu kubah biru yang besar sekali serta bangunan ke-2 dengan satu kubah serta lima menara. Masjid Qolsharif mempunyai Interior begitu indah serta megah, ada tiga komponen arsitektur yang menguasai masjid ini yakni Volga Bulgarian, Ottoman serta Renaissance. 

Nasir Al Mulk, Iran 

Nasir Al Mulk
Nasir Al Mulk

Masjid Nasir Al Mulk yang terdapat di Shiraz, distrik selatan Gowad-e-Araban, Iran mempunyai keindahan serta kemegahaannya dibagian dalam ruang masjid. Keindahan dan kemegahannya muncul waktu cahaya matahari menimpa jendela kaca warna- warni penuh mosaik pada masjid Nasir Al Mulk. Cahaya bias yang terpantul pada karpet masjid dari kaca warna warni masjid Nasir Al Mulk akan memakau mata buat siapapun yang memandangnya. Tidak cuma itu saja, lengkungan serta ceruk dibagian dalam masjid ikut tampilkan detil susah. Ubin berwarna merah muda banyak didapati dibagian langit-langit, membuat Nasir al-Mulk mendapatkan julukan masjid pink. 

Faisal Mosque, Islamabad 

Faisal Mosque
Faisal Mosque

Masjid Faisal ialah masjid terbesar di dunia termegah yang terdapat di Islamabad Pakistan. Kemegahannya semakin komplet sebab tempat geografisnya yang ciri khas, yakni terdapat di ujung sangat utara kota itu serta di kaki Bukit Margalla, kaki bukitan yang sangat barat dari Pegunungan Himalaya. Pada ketinggian serta berlatar belakang Bukit Margalla yang indah, tempat yang seolah menyatakan utamanya masjid ini: dia dapat tampak dari terlalu jauh, baik siang ataupun malam. Masjid Faisal mempunyai luas 5.000 m2 serta bisa menyimpan 10 ribu jamaah dalam ruangan shalat, 24 ribu di portico, 40 ribu di halaman, serta 200 ribu dalam halamannya. Uniknya masjid Faisal tidak seperti design masjid tradisionil yang mempunyai kubah.

Inilah Fakta Unik Masjid Terbesar di Dunia yang telah kami rangkum menurut kebenaran dari masjid-masjid tersebut. Setelah kalian membaca artikel ini, pastinya kalian tertarik juga dengan kota suci tiga agama yang terdapat di Yerusalem. Kota suci tersebut yakni memiliki agama islam, kristen, dan yahudi. Kota tersebut juga memiliki peninggalan bersejarah untuk ketiga agama tersebut, salah satunya adalah Dome of The Rock yang sudah dibahas di artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar