Senin, 17 September 2018

Keunikan Hewan Unta Si Penghuni Gurun Pasir


Warna Flora - Unta adalah hewan yg hidup di gurun pasir serta bisa dimanfaatkan jadi binatang tunggangan. Hewan ini sangatlah mendukung masyarakat padang pasir dalam meniti perjalanan atau membawa beban.  Punuk pada punggung unta berisi lemak yang bisa dimanfaatkan jadi cadangan makanan sepanjang binatang ini mengerjakan perjalanan jauh. Tidak cuman adalah gudang makanan untuk dirinya, punuk pada punggung unta juga memiliki fungsi jadi tiang buat memposisikan bak tempat barang atau kursi penumpang. Lantaran di padang pasir unta tidak bisa membawa bak atau gerobag beroda (dapat terpendam di pasir) . 

Cara Hidup dan Keunikan Unta di Gurun Pasir


Kaki unta punyai dua kuku yg dihimpun oleh bantalan. Bantalan ini memiliki fungsi jadi selaput serta menghindar biar kaki unta tak masuk ke pasir waktu berjalan. Unta atau Onta merupakan dua spesies hewan berkuku genap dari genus Camelus (satu berpunuk tunggal Camelus dromedarius, satu lagi berpunuk ganda Camelus bactrianus) yg hidup diketemukan di lokasi kering serta gurun di Asia serta Afrika Utara. Rata-rata usia impian hidup unta merupakan pada 30 hingga 50 tahun. 

Domestikasi unta oleh manusia udah di mulai sejak mulai lebih kurang 5. 000 tahun yang silam. Penggunaan unta salah satunya buat diambil susu (yg punyai nilai nutrisi tambah tinggi ketimbang susu sapi) dan dagingnya, serta dimanfaatkan jadi hewan pekerja. 

Unta bisa bertahan hidup sampai delapan hari pada suhu lima puluh derajat celsius tiada makan atau minum. Disaat unta yg bisa berjalan tiada minum dalam tempo yg lama ini menemukannya sumber air, ia bakal menyimpannya. Unta bisa minum air sejumlah sepertiga berat badannya dalam tempo sepuluh menit. Ini bermakna seratus tiga puluh liter air dalam sekali minum, serta tempat penyimpanannya merupakan punuknya. Lebih kurang empat puluh kilo-gram lemak tersimpan disini. Hal semacam ini membuat unta bisa berjalan beberapa hari di gurun tiada makan apa-pun. Biasanya makanan di gurun pasir merupakan kering serta berduri. Tetapi, metode pencernaan pada unta udah dicetak sesuai situasi yg sukar. Gigi serta mulut unta udah di desain buat memungkinkannya menggunakan duri tajam dengan ringan. Perutnya punyai rancangan privat hingga cukuplah kuat mengolah beberapa tumbuhan di gurun pasir. 

Angin gurun yg muncul tak diduga kebanyakan berubah menjadi berarti kehadiran badai 
pasir. Butiran pasir bisa menyesakkan napas serta membutakan mata. Kelopak mata unta buat perlindungan matanya dari debu serta butiran pasir. Tetapi, kelopak mata ini bisa transparan atau tembus sinar, hingga unta terus bisa menyaksikan walaupun dengan mata tertutup. Ada juga rancangan privat pada hidung unta. Disaat badai pasir menimpa, ia tutup hidungnya dengan penutup privat. 

Satu diantaranya bahaya paling besar untuk kendaraan yg berjalan di gurun pasir merupakan terjerembab ke pasir. Namun, ini tak berlangsung pada unta, sekalinya ia membawa muatan seberat beberapa ratus kilo-gram, lantaran kaki unta dicetak privat buat berjalan diatas pasir. Telapak kaki yg lebar membendung unta dari terbenam ke pasir, serta memiliki fungsi sebagaimana pada sepatu salju. Kaki yg panjang menjauh tubuhnya dari permukaan pasir yg panas. Bagian bagian badan unta ditutupi beberapa susunan kulit pelindung yg tebal. Lapisan-lapisan ini di letakkan di sisi-sisi khusus yg bersentuhan dengan permukaan pasir kala ia duduk. Susunan itu menghindar kulit unta terbakar panasnya permukaan pasir. Susunan tebal kulit ini tidak tumbuh serta terbuat perlahan, namun unta memang terlahir demikian. Rancangan privat ini perlihatkan kesempurnaan penciptaan unta. 

Keunikan-Keunikan Unta


  • Unta hidup di padang pasir yg punyai range temperatur hawa yg bisa membunuh sebagian besar makhluk hidup. Badan unta bisa bertahan sampai pada suhu 41 derajat celcius. Lebih dari itu, unta mulai berkeringat. Penguapan dari keringat yg berlangsung cuma pada kulitnya, bukan pada rambutnya. Melalui langkah pendinginan yg efektif itu, unta bisa mengirit air cukuplah banyak. 
  • Unta Baktrian merupakan salah satu mamalia darat di Bumi yang bisa minum air bergaram. 
  • Unta punyai 3 kelopak mata. 
  • Unta bisa tidak untuk minum serta makan sepanjang beberapa saat. 
  • Punuk unta menyimpan lemak privat, yg dalam suatu kala dapat di ubah berubah menjadi air dengan pemberian oksigen hasil respirasi. Satu gr lemak yg terdapat pada punuk unta dapat di ubah berubah menjadi satu gr air. 
  • Unta bisa membawa beban pada 227 kg-454 kg 
  • Mereka bisa berjalan dengan kecepatan 3-5 km per-jam, sepanjang 6-7 jam per harinya 
  • Unta bakal menampik membawa beban yg tak di letakkan dengan cara seimbang 
  • Binatang unta ini bisa minum sampai 100 liter air juga sekaligus, lantas bertahan 1 minggu penuh tiada minum lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar